6 Masalah Jika Tubuh Kekurangan Kalsium

 On Senin, 07 Mei 2018  


Kekurangan kalsium selama ini hanya dikaitkan dengan masalah tulang, seperti memicu kerapuhan tulang atau osteoporosis. Padahal lebih dari itu, kurangnya kalsium juga mempengaruhi organ lainnya di dalam tubuh.

Pakar nutrisi mengatakan kekurangan kalsium dapat memicu gangguan pencernaan, gangguan pertumbuhan, masalah dalam pembekuan darah, memicu obesitas, hingga memicu timbulnya penyakit degeneratif seperti serangan jantung, diabetes, hingga kanker.

Kebanyakan orang kena penyakit jantung bukan hanya karena kolesterol atau lemak, tapi karena ketidakseimbangan kalsium dalam tubuh. Konsumsi kalsium saat lansia itu salah, seharusnya dipenuhi sedini mungkin sebagai tindakan pencegahan seperti minum suplemen ion kalsium InfinyCal.

Berikut 6 masalah akibat kekurangan kalsium :

1. Gangguan pencernaan
Orang yang memiliki keluhan maag sering mengonsumsi obat-obatan antacid. Hal ini justru dapat menurunkan kadar keasaman lambung.

Akibatnya fungsi lambung untuk melawan bakteri dalam tubuh menurun. Padahal, tak semua maag disebabkan oleh asam lambung yang terlalu banyak. Lemahnya otot spincter, pemisah antara lambung menuju kerongkongan bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung. Hal ini karena kurangnya ion kalsium pada otot spincter.

2. Gangguan dalam pembekuan darah
Untuk menjalankan fungsinya dalam membekukan darah, sel-sel darah membutuhkan ion kalsium. Jika kekurangan, maka darah akan menjadi sukar membeku ketika terjadi luka.

3. Gangguan fungsi saraf
Untuk menghubungkan sinyal antara satu sel saraf ke sel saraf lainnya, diperlukan medium, salah satunya adalah ion kalsium. Jika seseorang kurang memenuhi asupan kalsium maka sinyal antar sel saraf sulit terkoneksi yang pada gilirannya akan mempengaruhi kemampuan berpikir.

4. Serangan jantung
Emilia menyebut bahwa serangan jantung tak melulu disebabkan oleh pola konsumsi makanan berlemak atau tinggi kolesterol. Menurutnya, hampir separuh kasus serangan jantung disebabkan karena jantung berhenti berdetak.

Kekurangan kalsium memainkan peranan ini karena jenis mineral ini dibutuhkan jantung untuk berkontraksi.

5. Kanker dan Diabetes
Kurangnya kalsium bisa meningkatkan risiko seseorang mengidap kanker atau diabetes. Pasalnya, dalam memetabolisme glukosa yang masuk ke dalam tubuh, pankreas membutuhkan ion kalsium. Begitu pula dengan sel kanker yang muncul, karena kurangnya asupan kalsium dalam tubuh.

6. Obesitas
Kalsium memiliki efek positif dalam meningkatkan metabolisme tubuh, salah satunya dalam membakar energi yang masuk. Jika seseorang kekurangan kalsium maka energi atau kalori yang masuk akan lebih mudah diubah menjadi lemak sehingga dalam jangka waktu tertentu memicu obesitas.
6 Masalah Jika Tubuh Kekurangan Kalsium 4.5 5 Puitika Rahaniyah Senin, 07 Mei 2018 Kekurangan kalsium selama ini hanya dikaitkan dengan masalah tulang, seperti memicu kerapuhan tulang atau osteoporosis. Padahal lebih dari itu, kurangnya kalsium juga mempengaruhi organ lainnya di dalam tubuh. Kekurangan kalsium selama ini hanya dikaitkan dengan masalah tulang, seperti memicu kerapuhan tulang atau osteoporosis. Padahal lebih da...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.